ANALISA TINGKAT PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA SAMARINDA

Authors

  • Creato Sonitehe Gulo sespim Author

Keywords:

ETLE, Perilaku Mengemudi, Kota Samarinda, keselamatan berlalu lintas

Abstract

Kota Samarinda sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Mobilitas kendaraan yang cukup tinggi berkorelasi dengan adanya pelanggaran lalu lintas. Penelitian ini akan mengkaji tentang situasi pelanggaran lalu lintas di Kota Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat pelanggaran lalu lintas ditinjau dari jumlah kendaraaan R2 dan R4, usia pelanggar lalu lintas, jenis kendaraan yang banyak melanggar lalu lintas, profesi pelanggar lalu lintas dan jenis kelamin dari pelanggar lalu lintas. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa secara kuantitas, jumlah pelanggaran kendaraan bermotor R4 pada tahun 2024 jumlahnya mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2023. Sedangkan untuk pelanggaran kendaraan bermotor R2, pada tahun 2024 cenderung mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023. Jenis pelanggaran yang masih banyak terjadi yaitu tidak memakai sabuk pengaman di kendaraan R4 dan tidak memakai helm pada pengendara R2. Pelaku pelanggaran lalu lintas di Kota Samarinda didominasi oleh usia produktif dengan status sebagai siswa SLTA. Berdasarkan data dan kondisi di lapangan, peneliti memberikan saran untuk melaksanakan sosialisasi bukan lagi pada kelompok, namun langsung ke pribadi masing-masing atau person to person.

References

DAFTAR PUSTAKA

• Nurfauziah, R., & Krismani, H. (2021). Perilaku Pelanggaran Lalu Lintas oleh Remaja ditinjau dari perspektif kontruksi sosial. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik Vo.3, No.1

• Sukesa, Ida Kade and Papyrakis, Elissaios (2023) "Hubungan Antara Pertumbuhan Ekonomi dan Infrastruktur Transportasi di Indonesia," Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia: Vol. 23: No. 2, Article 3. DOI: 10.21002/jepi.2023.10

• Hukmia. (2015). Pengaruh Aktivitas Komersial Terhadap Lalu Lintas di Koridor Jalan Perintis Kemerdekaan. Makassar; Universitas Hasanuddin.

• Pardede, CRV., dkk. (2022). Analisis Program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dalam rangka menciptakan Kamseltibcarlantas (Studi Kasus Kota Serang). Journal of Innovation Research and Knowledge Vol. 1 No. 8 Januari 2022.

• Ananda, Agus., dkk. (2025). Analisis Penyebab Dan Dampak Pelanggaran Lalu Lintas Melawan Arus U-Turn Universitas Lampung. Jurnal Kajian Hukum Dan Kebijakan Publik Vol. 2 No. 2 Januari – Juni 2025 Hal. 1005-1009 https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jkhkp

• Sonmax, Atila.m dkk. (2022). Analisis Perilaku Keselamatan Mengemudi (Safety Driving) Pada Pengemudi di PT. Leo Jaya Trans. Binawan Student Journal (BSJ) Volume 4, Nomor 3, Desember 2022

• Achour, H., & Belloumi, M. (2016). Investigating the causal relationship between transport infrastructure, transport energy consumption and economic growth in Tunisia. Renewable and Sustainable Energy Reviews, 56, 988-998. doi: https://doi.org/10.1016/j.rser.2015.12.023.

• Holmgren, J., & Merkel, A. (2017). Much ado about nothing? – A meta-analysis of the relationship between infrastructure and economic growth. Research in Transportation Economics, 63, 13-26. doi: https://doi.org/10.1016/j.retrec.2017.05.001.

• Khan, H., Khan, U., Jiang, L. J., & Khan, M. A. (2020). Impact of infrastructure on economic growth in South Asia: Evidence from pooled mean group estimation. The Electricity Journal, 33(5), 106735. doi: https://doi.org/10.1016/j.tej.2020.106735.

• Pradhan, R. P., & Bagchi, T. P. (2013). Effect of transportation infrastructure on economic growth in India: The VECM approach. Research in Transportation Economics, 38(1), 139- 148. doi: https://doi.org/10.1016/j.retrec.2012.05.008.

• Saidi, S., Shahbaz, M., & Akhtar, P. (2018). The long-run relationships between transport energy consumption, transport infrastructure, and economic growth in MENA countries. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 111, 78-95. doi: https://doi.org/10.1016/j.tra.2018.03.013.

• Shi, Y., Guo, S., & Sun, P. (2017). The role of infrastructure in China’s regional economic growth. Journal of Asian Economics, 49, 26-41. doi: https://doi.org/10.1016/j.asieco.2017.02.004.

• Wang, C., Lim, M. K., Zhang, X., Zhao, L., & Lee, P. T. W. (2020). Railway and road infrastructure in the belt and road initiative countries: Estimating the impact of transport infrastructure on economic growth. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 134, 288-307. doi: https://doi.org/10.1016/j.tra.2020.02.009.

• Putranto, L.S. & Rostiana. (2017). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi dan Riwayat Kecelakaan Terhadap Perilaku Berisiko Pengemudi Sepeda Motor Indonesia. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

ANALISA TINGKAT PELANGGARAN LALU LINTAS DI KOTA SAMARINDA. (2025). Journal of Leadership and Staff, 1(1), 1-10. https://ejurnal-copus.sespimpolri.id/jls/article/view/7