Profesionalisme Penegakan Hukum oleh Kepolisian Dalam Upaya Membangun Kepercayaan Publik

Authors

  • Dessy Dara Lampabe Sespim Lemdiklat Polri, Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah Author

Keywords:

Profesionalisme, Penegakan Hukum, Kepolisian, Kepercayaan Publik

Abstract

Penelitian ini membahas profesionalisme penegakan hukum oleh kepolisian dalam kaitannya dengan upaya membangun kepercayaan publik. Profesionalisme dipandang sebagai fondasi penting yang menentukan legitimasi kepolisian di mata masyarakat. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis keterkaitan antara integritas, akuntabilitas, dan konsistensi aparat dengan tingkat kepercayaan masyarakat. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa keterbatasan sumber daya, pelatihan yang belum merata, serta potensi diskriminasi menjadi kendala utama dalam penerapan profesionalisme. Namun demikian, penguatan dapat dilakukan melalui peningkatan kapasitas personel, digitalisasi layanan, dan pengawasan internal yang ketat. Temuan ini menegaskan bahwa profesionalisme yang konsisten akan meningkatkan kepercayaan publik, memperkuat legitimasi, serta mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

References

[1] Bayley, D. H. (1990). Patterns of policing: A comparative international analysis. New Brunswick: Rutgers University Press.

[2] Bayley, D. H. (1994). Police and society. New York: Oxford University Press.

[3] Bayley, D. H., & Mendelsohn, H. (1969). Minorities and the police: Confrontation in America. New York: Free Press.

[4] Den Boer, M., Pyo, C., & others. (2008). Good policing: Instruments, models and practices. The Hague: Eleven International Publishing.

[5] Fielding, N. G. (1988). Professionalizing the police: The unfulfilled promise of police training. Buckingham: Open University Press.

Downloads

Published

2025-09-05

How to Cite

Profesionalisme Penegakan Hukum oleh Kepolisian Dalam Upaya Membangun Kepercayaan Publik. (2025). Journal of Leadership and Staff, 1(1), 138-140. https://ejurnal-copus.sespimpolri.id/jls/article/view/44